08.00 s/d 20.00
Beranda » Artikel Terbaru » JANGAN ANGGAP REMEH ANAK ANDA JIKA MEREKA TERLAMBAT BERBICARA

JANGAN ANGGAP REMEH ANAK ANDA JIKA MEREKA TERLAMBAT BERBICARA

Diposting pada 23 April 2019 oleh doharbybornaing

Semua orangtua pasti mengharapkan anaknya tumbuh dengan baik dan sehat seperti anak normal pada umumnya. Oleh sebab itu jika sang anak sakit atau mengalami hal diluar kewajaran, orangtua pasti akan mengalami khawatiran. Ada beberapa dari orangtua tersebut sulit untuk menerima kenyataan sehingga mereka menutup mata akan hal-hal yang dianggap biasa bagi mereka. Salah satu contohnya adalah ketika sang anak mulai sulit untuk berbicara. Namun sebagai orang tua kita harus bersikap objektif demi masa depan si kecil.

Keterlambatan bicara  terbagi menjadi dua bagian yaitu  keterlambatan fungsional  dan keterlambatan non fungsional.

Keterlambatan bicara fungsional, umumnya kemampuan bicara akan berkembang sebagaimana mestinya setelah anak memasuki usia 2 tahun. Anak tipe ini memiliki fungsi reseptif atau penerimaan dan kemampuan pemecahan masalah visual-motorik dalam keadaan normal. Ia hanya mengalami gangguan fungsi ekspresif. Keterlambatan bicara fungsional relatif tidak berbahaya dan keterlambatan seperti ini yang sering ditemukan.

Penyebab dari keterlambatan ini adalah:

  1. Faktor Komunikasi

Kurang komunikasi nyatanya bisa menyebabkan seorang anak mengalami terlambat bicara atau telat bicara. Oleh sebab itu jangan pernah  membiarkan anak bermain dengan dunianya sendiri, atau anda sebagai orang tua merasa sibuk sendiri membuat mereka melakukan komunikasi searah saja. 

  1. Pengaruh televisi Dan Gadget

Alat elektronik bisa menyebabkan dampak yang sebegitu besar pada anak. Banyak orangtua yang memberikan gadget dan televisi untuk ditonton oleh sang anak agar mereka lebih anteng. Tapi ternyata hal tersebut tidak baik untuk perkembangan tumbuh kembang anak terutama dalam hal berbicara.

Seorang anak-anak hanya akan meniru apa yang mereka lihat, begitu juga dengan acara yang ada di televise atau di HP. Seperti yang kita ketahui bahwa televisi dan HP merupakan media yang hanya satu arah saja seperti halnya radio.

Anak tidak bisa berkomunikasi, dan mereka menerima informasi yang sudah divisualisasikan. Tak ada kesempatan atau kebutuhan lagi untuk bertanya atau berpikir mengenai apa yang mereka lihat.  Beberapa anak bahkan mengalami kesulitan serta keterlambatan bicara karena kurangnya kosa kata serta anggapan bahwa tanpa bicarapun mereka bisa berkomunikasi. Jadi sebisa mungkin  hindari gadget dan televisi untuk buah hati anda.

3. Traumatik dan Dilarang Berbicara

Ketika anak mengalami hal ini maka ia akan menghindari untuk mau berbicara atau mengeluarkan suara. Hal tersebut  bisa memicu keterlambatan berbicara pada anak. Mereka merasa bahwa ketika ia bicara akan mengingatkan pada masa kelam dan ketakutan anak-anak maka mereka memilih diam atau tidak mau mulai belajar bicara. Cobalah bujuk anak anda untuk menunjuk apa yang membuat mereka takut dan tidak ingin belajar bicara.

Dan jangan tegur anak jika mereka sedang berisik atau hanya kata-kata “syuuut”yang menyebabkan anak tidak mau lagi bicara atau ogah dan mengalami telat bicara. Karena biasanya anak seringkali bergumam atau berisik ketika belum bisa berbicara dan mulai belajar bicara

Sedangkan keterlambatan non fungsional. Adalah keterlambatan yang berbahaya dan yang harus dikawatirkan.Gejala umum keterlambatan bicara nonfungsional adalah:

  1. Gangguan Pendengaran

Anak yang mengalami gangguan terhadap pendengarannya biasanya akan mengalami kesulitan dalam berbicara. Bahkan tuna wicara sudah pasti tuna rungu dan sebaliknya. Adanya gangguan pendengaran ini bisa jadi yang membuat anak anda merasa sulit untuk bisa berkembang dan melancarkan bahasa atau mengeluarkan suaranya.

Cara mudah untuk mengeceknya adalah panggilan anak anda tanpa sentuhan dari jarak jauh dan dekat, Jika tidak ada respon ada kemungkinan terjadi permasalahan terhadap pendengarannya sehinggga sang anak mengalami kesulitan dalam berbicara. 

  1. Gangguan Otak

Gangguan ini terjadi terutama pada bagian oral—motor anak yang menyebabkan anak mengalami masalah dalam penggerakkan lidah dan pengolahan suaranya. Akibatnya sang anak akan kesulitan dalam menggunakan lidah dan rahang untuk memproduksi suara sehingga anak tidak dapat belajar berbicara atau mengalami kesulitan untuk berbicara

  1. Gangguan Bahasa

Gangguan Bahasa pada anak biasanya terjadi jika terdapat dua atau lebih bahasa yang digunakan oleh lingkungan sang anak tinggal. Sehingga dapat mempersulit sang anak untuk berbicara.

  1. Prematuritas

Bayi prematur merupakan bayi yang memiliki resiko tinggi cenderung mengalami gangguan perkembangan. Bentuk gangguannya tidak sama antar satu dan lainnya. Seperti keterampilan tengkurep,duduk, berdiri, berjalan dan berbicara. Hal tersebut terjadi kkarena belum siapnya indera untuk terbentuk sempurna ketika berada dalam kandungan

  1. Gangguan Neurologis

Keterlambatan bicara pada anak bisa terjadi karena adanya gangguan neurologis. Adanya gangguan nerologis seperti seperti cerebral palsy, distrofi otot, maupun cedera otak dapat mempengaruhi otot-otot yang diperlukan untuk berbicara sehingga anak akan mengalami kesulitan berbicara.

  1. Autisme

Anak-anak yang mengidap GSA ( Gejala Spektrum Autisme) memiliki kemampuan yang lemah dalam mengekspresikan diri sendiri dalam percakapannya. Bicara mereka biasanya berulang atau memilki kemampuan komunikasi verbal yang lemah. Hal tersebut dikarenakan adanya kelainan otak yayng berdampak pada kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak

  1. Gangguan pengolahan Auditori

Gangguan pengolahan auditori adalah sebuah gangguan yang menyebabkan anak sulit memahami apa yang ia dengar. Basanya menyerang bagian bicara dan menyebabkan keterlambatan bicara pada anak.

  1. Sifat Bisu Selekif

Sifat bisu selektif merupakan sifat dimana sang anak tidak mau bicara dalam situasi tertentu yang membuat sang anak tidak nyaman atau bisa juga terjadi dikarenakan adanya unsur traumatik dan mengalami masalaah.

Jika anda mengalami hal  tersebut jangan segan dan ragu untuk melakukan berbagai cara agar buah hati anda dapat berbicara. Semakin cepat anda melakukan tindakan, akan semakin mudah dalam menanganinya. Berikut langkah awal yang dapat dilakukan oleh orangtua agar anak dapat berbicara:

  1. Ajak Komunikasi

Berbicara dan berkomunikasi dengan anak, dimulai pada masa bayi. Komunikasi dua arah antara anak dan orangtua sangatlah penting bagi pertumbuhan sang anak. Kapanpun, di manapun Anda berada bersama anak Anda, katakanlah apa yang sedang terjadi, apa yang sedang Anda lakukan, dan sebutkan nama benda-benda yang ditemui.

Walau bayi yang sangat muda belum bisa berbicara, kata-kata yang didengarnya akan menjadi bekal dalam perkembangan bicara dan bahasanya atau bacakan cerita kepada sang anak untuk meningkatkan kosakata anak. Bayi dan anak kecil biasanya tertarik pada cerita yang bersajak. Sembari membaca, anak dapat diajak menunjuk gambar dan menyebut nama benda yang ditunjuk.

  1. Ajak Bermain dengan Anak Seumurannya

Ada beberapa anak dapat  belajar dengan orang yang lebih dewasa, akan tetapi ada juga anak yang dapat belajar dengan teman sebayanya. Yaitu dengan cara mereka bersosialisasi dengan teman sebayanya sehingga si kecil akan cepat belajar dari anak lainnya, entah dari segi cara bermain, cara berbicara, dan cara berinteraksi. Oleh sebab itu tidak sedikit orangtua yang menyekolahkan anaknya karena tidak dapat berbicara.

  1. Kurangi Pemberian Gadget

Mohon kurangi pemberian Gadget terhadap anak. Setidaknya aturlah waktu sang anak dalam pemberian gadget. Biarkan anak anda bermain di luar atau bermain dengan teman sebayanya agar timbul komunikasi dua arah.

     4. Lakukan Terapi

Jika sampai usia 3 tahun anak belum bisa berbicara dengan jelas dan masih terbata-bata, sebaiknya Anda segera melakukan terapi.Baik terapi yang dlakukan oleh dokter, atau terapi ringan yang dilakukan di rumah seperti gunakan flash card bergambar sederhana, dan minta anak sebutkan dan mengulangi apa yang dilihatnya. Ajarkan berlatih meniup sedotan misal meniup kapas di meja.

Cara ini dapat membantu menguatkan otot wajah dan mulut yang banyak digunakan saat bicara. Anak juga bisa dilatih dengan minum menggunakan sedotan. Taruh benda kesukaan di luar jangkauan, sehingga anak terpancing bicara meminta bantuan orang lain untuk mengambilnya.

Berikut adalah informasi mengenai anak yang terlambat berbicara dan apa saja yang dapat kita lakukan jika hal terebut terjadi kepada kita. Semoga dengan adanya informasi ini dapat berguna bagi orangtua diluar sana. Ingat jangan pernah sepelekan anak jika mereka terlambat berbicara. Karena hal tersebut akan berpengaruh kepada kehidupan sang anak dikemudian hari. Anak merupakan titipan Allah yang paling berharga, jadilah orangtua yang baik bagi mereka.

Salam Sayang,

DoharbyBornaing

WA 089625809906 /08989506003
Web : https://pakaiananakperempuan.com

IG     : @doharbybornaing

FB     : DOHARSHOP

 

Bagikan informasi tentang JANGAN ANGGAP REMEH ANAK ANDA JIKA MEREKA TERLAMBAT BERBICARA kepada teman atau kerabat Anda.

JANGAN ANGGAP REMEH ANAK ANDA JIKA MEREKA TERLAMBAT BERBICARA | Pakaian Anak Perempuan

Belum ada komentar untuk JANGAN ANGGAP REMEH ANAK ANDA JIKA MEREKA TERLAMBAT BERBICARA

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami

Alamat Lengkap Kami

Jln Sriwijaya Blok C5 No 1 RT/RW 04/07

Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sareal

Cimanggu Permai, Bogor 16164

Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan